Review Minggu Kedua

Sabtu, 24 Januari 2015

Kotak Obat Bayi

Punya anak bayi atau balita yang sedang aktif-aktifnya membuat kita cemas ketika mereka beraktifitas, karenanya kita harus menyiapkan obat-obat berikut dirumah.

Seringkali ibu-ibu bingung obat apa yang harus diberikan segera (sebelum ke dokter) pada anak kesayangannya jika sedang sakit.

Berikut saya sajikan kotak obat berikut penggunaanya buat anak saya yang selalu tersedia di rumah.

Obat-obat dibawah ini adalah obat2 yang diberikan pada anak saya yang kebetulan mempunyai kulit amat sensitive, beberapa obat saya dapatkan dari resep dokter spesialis anak dan spesialis kulit, semoga bermanfaat.

Daftar obat2an pada kotak obat yang perlu selalu ada di rumah:

  1. Oleskan salep Trombophop Gel (kemasan warna merah jambu) jika anak kejedot.
  2. Oleskan salep Bioplacenton (kemasan warna putih campur hijau) jika anak terkena benda panas/luka bakar (misal terkena minyak panas, atau setrikaan panas).
  3. Oleskan salep Mico-Z (kemasan warna kuning) jika anak terkena ruam popok, diapers, alergi yang menyebabkan anak rewel dan menggaruk2 vagina atau pantatnyanya karena gatal.
  4. Oleskan salep Elocon dan Decubal jika anak gatal2 dibadan akibat alergi yang berkepanjangan.
  5. Decubal Cream untuk pelembab setelah pemberian obat kulit yang keras buat kulit yang sensitif, misalnya setelah pemberian salep elocon.
  6. Oles Minyak Tawon jika anak terkena gigitan serangga. Minyak tawon ini juga bisa menghilangkan rasa gatal karena alergi pada bayi/balita.
  7. Berikan Bedak Obat Cap Bayi (bisa dibeli di kantin RS Hermina) jika anak biangkeringat.
     
  8. Betadine cair untuk membersihkan luka.
  9. Lactacyd sabun cair untuk mandi bayi yang alergi atau sedang biang keringat, sedang ruam popok
  10. Hansaplast untuk menutup luka (misalnya keiris benda tajam)
  11. Sanmol atau Tempra untuk obat turun panas.
  12. Termometer untuk mengukur suhu badan
  13. Salep Apolar-N atau salep Trocyd untuk obat gatal karena gigitan nyamuk.

  14. Ketimun yang sudah diparut ditaruh sebentar dalam lemari es dapat digunakan untuk mengompres di dahi anak yang sedang panas tinggi.  Biasanya anak-anak menyukai hal ini karena ketimun nya langsung menempel di dahi dan kemudian sedikit demi sedikit akan mengering.
  15. Atau pakai Obat Kompres yang di tempel di dahi, namanya Bye Bye Fever, bisa dibeli di apotik. Ternyata Bye Bye Fever ini kurang menempel sering jatuh kalau dipakai.  Pengalaman saya ternyata ada obat kompres yang bagus dan selalu menempel selama pemakaian yaitu merk Cooling Gel Sheets produk dari Century
  16. Mucopect syrop atau baby's cought syrop untuk batuk.
  17. Rhinofed Suspensi syrop atau breathy untuk obat pilek/flu (hidung mampet).
  18. Minyak telon untuk penghangat badan bayi dan mencegah perut kembung, dioleskan disekitar perut.  Selain itu bisa juga digunakan Minyak Kayu Putih.
  19. Locoid lotion untuk untuk gatal-gatal di kepala karena alergi atau ketombe.
  20. Lacto B syrop  untuk obat mencret, untuk bayi umur 8 bln memakai ½ bungkus sekali minum.
  21. Gentian Violet adalah cairan berwarna ungu untuk dioles pada lidah bayi yang putih.  Lapisan putih pada lidah bayi mengganggu daya kecap bayi sehingga bayi bisa malas makan.
  22. Cendo Xitrol untuk mata yang sakit (merah atau belekan), hanya saja setelah pemberian obat ini pada mata akan terasa pahit di lidah, jadi siapkan pemanis sehingga anak anda tidak rewel. Cendo Xitrol tidak boleh digunakan terlalu lama, sebagai gantinya untuk meredakan gatal dimata balita bisa menggunakan Cendo Fresh.
  23. Kamillosan Crema untuk mengobati puting susu ibu menyusui yang lecet dan perih terkena gigit gusi bayi.
    Cara pakainya: dioleskan di puting yang sakit maka selama 2 - 3 hari akan sembuh.
    Kalau kita mau menyusui, puting susu dibersihkan dulu dengan air hangat, supaya salepnya hilang, baru di susuin lagi ke bayinya, hanya memang sakit, ya sudah apa boleh buat, ditahan saja, tetap disusuin saja ke bayinya.




2 komentar:

  1. anak saya terkena ruam popok trus...trimaksi sudah share senjata2 ampuh'a utk anak2...berguna sekali n membantu sangat!!

    trus update ya

    BalasHapus
  2. Sign-Up to EverydayFamily today and you will get stage based pregnancy and baby newsletters, offers and coupon alerts as well as a wide range of free baby samples, baby coupons, baby magazines & much more.

    All New Members Can Win Free Diapers for a Year!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...